Rabu, 21 Maret 2012

Pilek? Sering Banyak Minum ya..


Penyebabnya dari pilek adalah infeksi virus. Umumnya berlangsung selama 5 hari (3 – 14 hari rentangnya) tergantung daya tahan tubuh dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah, sekolah, atau tempat kerja. Daya tahan tubuh terhadap infeksi virus flu akan meningkat sejalan dengan waktu. Dari hari pertama sampai ketiga, umumnya batuk pilek akan meningkat infeksinya. Sehingga semakin parah. Dihari ke 4 dan 5, umumnya gejala tersebut sudah mereda karena virus telah mulai melemah dan tubuh mulai mampu mengatasi virus pilek tersebut

Panduan :
Sering minum yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum meski sedikit.
Supaya ”ingus” tidak kental dan menyumbat jalan nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung. Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek samping.
Menghirup uap air panas juga banyak membantu saat mengalami colds & flu.
Untuk bayi, apabila pada malam hari tidak dapat tidur karena hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk menghilangkan pembengkakan di dalam hidung (Breathy).
Humid environment, jangan kering seperti dalam ruangan ber-AC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi air mendidih ketika tidur.
Paracetamol – bila kondisi tidak nyaman dan demam tinggi (>38.5)
Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan flu. Khusus alergi, hidung bisa ”meler” tetapi tidak demam, tetap aktif bermain. Bukan berarti juga sedang menderita infeksi virus flu. Cari gejalanya dengan seksama ya….

Pencegahan:
Sering cuci tangan
Hindari kontak erat dengan penderita flu
Jaga kebersihan lingkungan

Tidak ada komentar: