Rabu, 20 Maret 2013

Sharing: Memperpanjang SIM C di Kendal


Kali ini saya akan mengulas topik yang berbeda, lain dari pada biasanya. Tentu saja ini hanya untuk membantu Anda sekalian untuk mempersiapkan diri sebelum mengurus SIM C di polres khususnya Kendal. 

Saya pernah lihat di salah satu berita di TV bahwa Polisi akan memberlakukan pembuatan SIM dari awal bagi Anda yang SIMnya sudah hangus walaupun masih satu hari, tampaknya wacana tersebut masih sosialisasi, dan belum di terapkan per Maret 2013. Mengingat SIM saya sudah hangus kurang lebih 2 bulan makanya saya ingin segera mengurusnya.

Persiapan di rumah, tentu saja sebelum Anda pergi ke polres, persiapkan fotokopi KTP dan SIM lama masing-masing 2 kali. Serta tentu saja uang, sesuai di berita tersebut katanya ada kenaikan tarif. Bagi yang baru membuat SIM biaya Rp 100.000 serta bagi yang memperpanjang Rp 75.000. Saya sarankan Anda membawa uang lebih, karena ada biaya biaya lain sehingga jumlahnya bisa sampai 2x lipat dari biaya tersebut.

Jika Anda ke Polres Kendal saya sarankan jangan langsung masuk ke loket SIM dulu, tapi cek kesehatan di poliklinik yang ada di sebelah kanan depan Polres. Karena tahap pertama di mulai dari cek kesehatan. Kalau Anda langsung masuk ke loket SIM pasti akan menyesal karena jarak loket SIM ke klinik sangatlah jauh. Makanya saya sarankan untuk cek kesehatan terlebih dahulu.

Di poliklinik Anda diminta untuk mengisi formulir pendek, isi saja sambil nunggu giliran untuk cek kesehatan. Tesnya terdiri dari tes mata, ada penglihatan dan buta warna, serta ukur tensi darah. Nanti Anda akan mendapatkan formulir warna hijau. Dan biayanya Rp 25.000. Siiiiip. Bawa formulir hijau ini ke loket 1 pembuatan SIM, sertakan fotokopi KTP dan SIM 2 buah.

Tunggu sampai nama Anda dipanggil, butuh beberapa menit sebelum petugas memberikan formulir untuk di isi. Biayanya Rp 25.000 dan Anda akan mendapatkan map berisi formulir dan SIM & KTP yang tadi Anda kumpulkan. Isi data-data dan Anda bisa mencotek di meja sebelah kanan jika ada kesulitan mengisi.

Setelah formulir diisi, kumpulkan di loket 2, yaitu loket bank BRI untuk membayar biaya perpanjangan SIM Rp 75.000. Tunggu sampai nama Anda di sebut di loket 1 dan Anda dapat nomor antrian foto. Cukup lama juga nunggunya, saya sarankan untuk baca-baca koran yang disediakan atau minum air mineral dingin yang gratis untuk pengunjung J. Sejauh ini saya sudah mengeluarkan biaya Rp 125.000. Untung saya membawa uang berlebih, kalau saja saya hanya membawa uang pas Rp 75.000 bisa gagal rencana memperpanjang SIM ini.

Akhirnya saya mendapat no antrian 78. Tidak lama setelah saya dapat nomor antrian, saya diminta untuk masuk ke ruang foto. Disini Anda diminta untuk tanda tangan setelah itu menunggu giliran untuk foto dll. Tidak begitu lama kok, petugasnya cukup handal. Nama Anda akan dipanggil. Petugas akan membacakan identitas Anda apakah sudah tepat atau belum. Meminta sidik jari jempol Anda, tandatangan terus foto, selesai.

Tunggu sampai SIM Anda jadi di loket pengambilan SIM. Di sini Anda ditawarkan asuransi karena saya tidak tahu tentang itu makanya ikut aja. Saya bayar lagi Rp 33.000 untuk asuransi. Dan SIM baru saya jadi. Jika ditotal biayanya jadi Rp 158.000. Jadi sebelum Anda pergi ke Polres siapkan uang minimal segitu. Selamat mencoba. Thanks Polres Kendal for the good services.

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Thank's infonya, saya baru perpanjang SIM coz udh telat 1 minggu,soal wacana SIM sudah hangus walaupun masih satu hari blm dterapkan per10/6/2013 di Kendal.
Berita Baiknya:
saya Habis Cuman Rp.104.000
- cek kes:Rp.25.000
- fto copy KTP/SIM lama: Rp.1000
- perpnjang SIM: Rp.75.000
- plastik SIM: Rp.2000
- Parkir:Rp.1000
Berita Buruknya:
antrian lama proses 2,5 jam maklum aj coz hr senin.persediaan minum air mineral gratis buat pengunjung habis, tekanan darah saya agk tinggi 130/80 wkwwkkk..maklum lg banyak pikiran nich.

Unknown mengatakan...

Sekarang udah berubah boss..aku masih d POLRES KENDAL nich..acara Mau buat sim c baru..tapi yea..MAFIA ya Tetep MAFIA..begini nich bro jalur cerita...first aku nanya di pos jaga,ada 3orang duduk d sana, " pak Mau bikin sim c baru " - d jwb berbarengan ampe bingung dengernya " Mau jalan sendiri apa di bantu Mbak? " dg sante ku jawab gini
"Kalau jalan sendiri berapa dan kalau di nanti berapa? ".....dan inilah jawaban PARA MAFIA
" Jalan sendiri 175, di nanti 350,klu jln sendiri test 3× gagal uang hangus dan ngulangnya 1 th kemudian, nah kalau di bantu, nanti kalau d suruh tes d lapangan jlni aja,Mau d tabrak semuanya juga nggk papa di tanggung lulus kok Mbak ".
Dongkol aku jawab " ya iya lag pak wong namanya aja di bantu dengan biaya 2xlipat,aneh sampean ki " .
Di pos pertama selesai..lanjut bro...

Merasa keberatan dg nominal 350,apalagi Mau lebaran,iseng aja aku tawar waktu d pos 2.
" pak kalau 250 iso rak "
"Wah pas itu Mbak,itu harga udah dari sananya,kita yg d sini Cuma terima uang rokok 50rb"..
" Walah pak uang rokok e banyak banget yo..Lha yang d maksud HARGA DARI SANA itu SIAPA? ..( mungkin MAFIA berseragam ini dongkol juga dg aku yg super ngeyel ).
"Dari bagian FOTO Mbak, itu aja data masuk senin FOTO hari Rabu..."
sedikit dg nada tunggu aku jawab " Huh yg bener aja pak,bayar 350 masih pake nunggu.."
Dengan mimik jengkel aku tanya sekali lagi..
" bener nggk bisa klu 250? ( rada ragu ragu si MAFIA jawab) " Mboten saget Mbak,harga pas itu. ".......
" Yo wish Pak Aku Yo Rak Sido gawe SIM..Tak Buat lebaran war duite malah Mantap..."
NYlonong pergi aja akunya ninggalin si MAFIA yang masih bengong.....

KORUPSI UDAH MEMBUDAYA DAN BERAKAR..MALAH MANAK BRO...

Anonim mengatakan...

Sim aq telat 3 bln, lg galau neh takut kena biaya ky bikin sim baru. Blm lg klo hrs ujian. Ga ada wkt lah.. Dulu 2 bln sblm exp kata'y g bs d'urus, harus H-5. Alhasil g ada wkt krn kerja luar kota. Wilayah kediri masi sosialisasi ga yah..

Unknown mengatakan...

Seandainya sim aq udah lama mati..trus aq pny istri jauh mau urus sim kendal bisa gak...

saifur mengatakan...

Terima kasih infonya gan...

Thabib nur mengatakan...

Sekarang banyak yang buat sim tapi material simnya kososng saya foto sim tgl 27 juni sampai sekarang belum jadi call centernya tdk bisa yg jadi pertanyaan kenapa bisa kekurangam bahan lama sekali dan itu butuh berapa lama krn yg buat sim kadang kerj a di luar daerah mudah2an ada tanggapan dari pihak terkait