Rabu, 20 Maret 2013

Celoteh Akhdan


Akhdan (1Y10M) lagi seneng-senengnya ngomong. Orang jawa bilangnya ceriwis. Dia melakukan kegiatan apapun sembari ngomong, kadang jelas kadang gak jelas yang tau artinya cuman Akhdan sendiri. Dan bahasa dasar Akhdan bahasa jawa, mungkin karena terpengaruh pengasuh yang berbahasa jawa. Meskipun sudah saya ajarkan beberapa kata bahasa Inggris, paling lancar kalau berhitung serta ngomong good morning, how are you.

Yang gak tahan bikin senyum-senyum sendiri ketika Akhdan meniru apa yang saya ucapkan dengan lafalnya yang masih terbatas. Seperti ketika Akhdan membuat kotor lantai dan saya berkata ‘Oh my God’ eh di tirun juga ‘omay got’ hehehe

Setiap hari saya mendengar kata-kata baru dari Akhdan. Perbendaharaan katanya meningkat setiap hari. Eh yang lucunya, ketika saya sedang memangku Akhdan di teras rumah dan tiba-tiba angin berhembus, Akhdan ngomong “Nda, semriwing” kaget dapat kata dari mana itu, kecil-kecil dah tau semriwing (segar karena ada angin berhembus).

Jika Akhdan ingin melihat benda yang letaknya ada di atas, misalnya lemari makan dia akan ngomong “Ndelok nda” (lihat bunda) maka saya harus menjinjingnya sampai dia puas melihat lihat.

Ketika sedang mendorong sepeda (kadang hal ini membuat saya tidak sabar, karena sepeda ini sepeda besar milik eyang yang ukurannya berkali lipat dari Akhdan) Akhdan akan mendorongnya dari belakang, agak takut juga jika jarinya tergesek ban, Akhdan gak bisa berhenti jika belum ada sesuatu yang mengalihkan perhatiannya. Eh Akhdan bilang “lok nda” yang akhirnya saya bisa menerjemahkan setelah Akhdan nangis dan ternyata artinya “belok bunda” hehehe


Tidak ada komentar: