Rabu, 21 Maret 2012

Bayi 10-12 Bulan: Tahap Perkembangan


Anak bayi usia 10-12 bulan akan kelihatan lebih aktif melakukan gerakan-gerakan dalam rangka melatih saraf motoriknya. Perkembangan bayi diusia ini bertumpu pada penguatan otot-otot badannya. Anak akan berusaha menggerak-gerakkan seluruh anggota badannya yang pada akhirnya dia akan berusaha untuk berdiri dan berjalan dan pada usia ini sebaiknya anda juga mengajar anak berenang.

Perkembangan bayi dari tahap ke tahap sebelum usia bayi 1 tahun diantaranya:

Bayi usia 10 bulan. Dalam perkembangannya bayi pada usia 10 bulan akan melakukan latihan-latihan motorik kasar yang meliputi melatih otot punggung dan otot tangan. Di usia ini bayi akan berusaha bangun sendiri dari tidurnya dengan memutar badan yang selanjutnya dia akan menggunakan tangannya untuk mendorong badannya sehingga dia akan mampu duduk tanpa bantuan dari orang lain. Di usia ini juga bayi sudah bisa duduk sendiri tanpa terjatuh dan dalam waktu yang lama. Dukunglah bayi anda saat melakukan latihan bangun sendiri tersebut dengan membiarkannya berusaha sendiri sehingga mengurangi ketergantungan bayi pada ibunya.

Bayi Usia 11 Bulan. Selanjutnya pada usia bayi menginjak umur 11 bulan, bayi akan melanjutkan usahanya dari duduk ke berdiri. Di usia ini bayi akan terus melatih otot tangannya secara intens sehingga akhirnya akan mampu menggunakan tangannya tersebut untuk membantunya berdiri. Bayi sudah mempunyai mempunyai daya keseimbangan yang lebih baik sehingga dia akan mampu menguasai keseimbangan badannya saat berdiri. Diusia ini bayi kita sudah mampu berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain kurang lebih hanya butuh waktu 2 detik. Dalam usahanya berdiri tersebut bayi akan meluruskan kakinya dari posisi tidur atau duduk, selanjutnya dia akan menggunakan tangannya untuk mendorong berat badannya ke posisi berdiri.


Usia 12 Bulan ( Bayi 1 Tahun ). Menginjak usia bayi 1 tahun ini bayi akan melanjutkan usahanya dari berdiri ke jalan. Bayi akan berusaha menggerakkan kakinya selangkah demi selangkah, meskipun dilangkah kedua atau ketiga dia terjatuh tapi dia akan bangun lagi dan melanjutkan langkahnya lagi. Setelah bisa berdiri dan melangkah bayi akan mendapatkan kepercayaan dirinya untuk melakukan hal-hal lain. Dan bayi akan selalu berusaha berdiri malah dia sudah mulai enggan untuk duduk kembali. Sekali lagi orang tua khususnya ibu harus semakin ekstra hati-hati dan waspada dalam mengawasi bayinya. Jauhkan benda-benda yang keras atau yang bisa melukai bayi saat dia terjatuh.

Dan satu lagi, di usia bayi 1 tahun ini bayi akan menunjukkan kebiasaan barunya yaitu memanjat benda-benda yang tinggi semisal kursi ataupun meja. Kita bisa melatih kemampuan memanjatnya dengan meletakkan barang-barang atau mainan kesukaannya di tempat yang lebih tinggi yang masih bisa dijangkau oleh sang bayi.

Kemampuan bayi berjalan merupakan pencapaian terbesar dari motorik kasarnya di tahun pertamanya, untuk itu latihlah dengan sabar kemampuan tersebut sehingga bayi tidak akan mengalami cidera.

Tidak ada komentar: