Rabu, 21 Maret 2012

Perkembangan Bayi 10-11 Bulan


Bagaimana aku tumbuh:
Aku bisa merangkak naik ke atas tangga, namun aku belum tahu cara untuk turun.
Aku bisa berjalan bila kau memegangi tanganku.
Aku akan mulai berjalan merayap sambil berpegangan pada perabot untuk berkeliling ruangan.
Aku sudah bisa duduk dari posisi berdiri.
Aku bisa memanjat naik keatas kursi dan kemudian turun lagi.
Aku mulai memperlihatkan apakah aku kidal atau tidak.
Aku bisa makan sendiri dengan jemariku, dan membantu memegangkan gelasku.
Aku mungkin memiliki masalah di malam hari karena aku gelisah.


Bagaimana aku bicara:
Aku mengerti kalimat-kalimat yang sederhana.
Aku bisa bilang "tidak" dan menggelengkan kepalaku.
Aku tertarik pada percakapan ketika aku mendengar kata2 yang biasa aku dengar.
Aku akan membuat kamu gila karena aku suka mengatakan kata2 yang sama seharian penuh, atau aku tidak berkata sepatah katapun.



Bagaimana aku bereaksi:
Aku bereaksi pada kesetujuan dan ketidak-setujuanmu.
Aku menangis bila ada anak lain yang mendapatkan perhatian lebih daripada aku.
Aku masih tidak suka berpisah darimu.
Aku suka meniru orang2, isyarat, dan suara.


Bagaimana aku mengerti:
Aku tahu yang mana mainanku dan aku memiliki mainan kesayangan.
Aku akan mencari sesuatu ketika aku melihat kau menyembunyikannya.
Aku mulai memikirkan diriku sendiri sebagai manusia.


Bagaimana perasaanku:
Aku sudah bisa merasakan banyak hal sekarang, seperti sedih, senang, marah, takut, dan terluka.
Mood-ku bisa dengan cepat berubah dan aku juga mudah marah.
Aku masih malu bila berada disekitar orang2 yang tidak aku kenal.
Aku sangat sensitif pada mood anak2 lain.


Bagaimana kau dapat membantuku belajar:
Tunjukkan padaku hal2 yang kau ingin agar aku tahu. contohnya, tepuk tanganmu supaya aku bisa belajar menirumu.
Bacalah buku bersamaku.
Bermainlah petak umpet denganku! apabila kau bersembunyi di balik kursi, aku bisa datang dan menemukanmu.
Taruhlah gambar2 dan cermin agak di bawah, jadi aku bisa melihatnya.

Tidak ada komentar: